Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan manfaat buah sirsak, manfaat buah-buahan untuk kecantikan, manfaat buah sirsak untuk kesehatan, manfaat buah sirsak untuk ibu hamil, manfaat buah sirsak untuk asam urat, Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Sirsak. 

  

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas mengenai Khasiat dan manfaat buah sirsak. nah pasti anda ingin tahu apa sih Khasiat dan manfaat buah sirsak. Langsung saja admin akan membahasnya sebagai berikut.



Mengulas sedikit tentang buah sirsak  

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Buah Sirsak memiliki berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia. adapun manfaat buah sirsak antara lain buah, daun, sampai dengan pohonnya

Khasiat Buah Sirsak diantaranya banyak mengandung Vitamin C, Kaya dengan serat, dan berbagai nutrisi penting sangat dibutuhkan oleh tubuk kita. 

Manfaat Buah Sirsak :
  • Ambeien.
Ambil buah sirsak yang sudah masak. Kemudian peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, setelah itu anda bisa meminumnya 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Sakit Kandung Air Seni.
Ambil Buah sirsak setengah masak secukupnya, tambahkan gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak seperti dibuat kolak. dapat dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
  • Bayi Mencret.
Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
  • Anyang-anyangen.
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.
  • Sakit Pinggang.
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tingga l3 gelas, diminum 1 kali sehari ¾ gelas.
  • Bisul.
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.

Sekin informasi yang dapat admin berikan mengenai Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya. 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar